Minggu, 05 September 2010

BAB V skripsi gue (alhamdulillah akhirnya Kelar juga)

BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
5.1. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan pada bab terdahulu, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
Hasil pengolahan data yang diperoleh dari pemberian test dengan menggunakan analisis uji t, didapatknan pada taraf signifikansi 5 % dengan derajat kebesaran 7, ditemukan harga t hitung lebih besar dari harga t kritik, bahwa Ha (Hipotesis Kerja) untuk signifikansi pada tingkat kepercayaan 5 % yang diajukan dalam penelitian ini diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil pre-test dan posttest, siswa yang motivasi belajar semula rendah, setelah mengikuti kegiatan layanan bimbingan kelompok, motivasi belajar siswa menjadi lebih baik atau meningkat. Hal ini berarti bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa atau berpengaruh terhadap motivasi belajar.

5.2 . Saran
Berdasarkan kesimpulan penelitian maka saran yang dapat diberikan adalah :
1. Kepada Siswa
Kepada siswa disarankan apabila memiliki masalah motivasi belajar rendah agar dapat melakukan bimbingan kelompok kepada guru pembimbing (guru BK di sekolah masing-masing).
2. Kepada guru Pembimbing (Guru BK)
Kepada guru pembimbing hendaknya dapat membantu dan membimbing siswa dalam meningkatkan motivasi belajarnya dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok.
3. Kepada Tenaga Kependidikan Lainnya
Kepada Tenaga Kependidikan Lainnya seperti guru, dan warga sekolah diharapkan dapat menjadi motivator dan fasilitator belajar yang baik dalam meningkatkan motivasi belajar bagi siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar