Kamis, 23 September 2010

bab 5


BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
5.1. Simpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Indralaya  . Terlihat dari hasil pengamatan selama kegiatan berlangsung terdapat perubahan perilaku ataupun sikap yang terjadi pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Hasil penelitian juga menunjukkan rata-rata skor siswa motivasi belajar sebelum diadakan layanan bimbingan kelompok sebesar 62,8 dalam kategori rendah dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dapat meningkat menjadi 109 dalam kategori tinggi. Dari uji Wilcoxon diperoleh Zhitung = -19.774 < dari Ztabel = 0,111 atau pada daerah penolakan Ho. Demikian juga untuk setiap indikatornya diperoleh Zhitung < Ztabel atau ada pada daerah penolakan Ho. Dengan ditolaknya Ho menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan skor skala psikologi siswa antara sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Hal ini secara signifikan bimbingan kelompok berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil pre-test dan posttest, siswa yang motivasi belajar semula rendah, setelah mengikuti kegiatan layanan bimbingan kelompok, motivasi belajar siswa menjadi lebih baik atau meningkat. Hal ini berarti bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa atau berpengaruh terhadap motivasi belajar.
5.2 . Saran
Berdasarkan kesimpulan penelitian maka saran yang dapat diberikan adalah :
1.    Kepada Siswa
Kepada siswa disarankan apabila memiliki masalah motivasi belajar rendah agar dapat melakukan bimbingan kelompok kepada guru pembimbing (guru BK di sekolah masing-masing).

2.    Kepada guru Pembimbing (Guru BK)
Kepada guru pembimbing hendaknya dapat membantu dan membimbing siswa dalam meningkatkan motivasi belajarnya dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok.
3.    Kepada Tenaga Kependidikan Lainnya
Kepada Tenaga Kependidikan Lainnya seperti guru, dan warga sekolah diharapkan dapat menjadi motivator dan fasilitator belajar yang baik dalam meningkatkan motivasi belajar bagi siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar